Selasa, 01 September 2015

Tips Mengkonsumsi Makanan Instan dan Junk Food agar Lebih Sehat

Zaman modern seperti sekarang ini mengkonsumsi makanan instan dan junk food sudah menjadi sebuah kebiasaan. Mungkin karena jenis makanan ini dinilai lebih praktis dan cepat dalam pengolahannya. Belum lagi menjamurnya restoran cepat saji juga menawarkan berbagai macam hidangan yang menggugah selera seperti ayam goreng, nugget, dan berbagai jenis makanan yang berasal dari negara asing lainnya seperti hamburger atau pizza. Rata-rata menu ini merupakan makanan kegemaran anak-anak dan orang dewasa. Mungkin karena rasanya yang gurih dan enak sehingga membuat ketagihan.

Tips Mengkonsumsi Makanan Instan dan Junk Food

Dibalik rasa enak makan instan dan junk food terdapat dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Makanan jenis mengandung pengawet, berkadar lemak tinggi dan sedikit sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tapi jika anda ingin menikmati berbagai jenis makanan instan dan cepat saji itu maka ikutilah langkah-langkah berikut agar anda bisa meminimalisir dampak negatif yang diberikan oleh makanan tersebut.
  • Fried chicken
    Jenis makanan ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jika anda ingin menikmati makanan ini maka pilihlah bagian dada karena bagian dada memiliki lemak yang lebih sedikit dibandingkan bagian yang lainnnya. Sisihkan bagian kulitnya karena pada bagian ini lemak yang terkandung cukup banyak. Makanlah makanan pendamping seperti salad dengan sedikit mayones agar tubuh tetap memperoleh serat.
  • Mie instan
    Mie instan memang merupakan makanan yang ssangat praktis untuk dimasak. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengolahnya mie instan pun bisa siap di santap. Tapi mie instan mengandung lapisan lilin dan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan. Dalam memasak mie instan sebaiknya tidak memakai air rebusan mie untuk dijadikan kuah. Gunkananlah air panas yang baru, sehingga lapisan lilin yang lepas saat mie direbus tidak ikut dikonsumsi. Selain itu tambahkan telur dan sayuran seperti sawi, brokoli ataupun kubis agar nilai gizi yang kita dapat bertambah.
  • Nugget dan sosis
    Nugget dan sosis sangat mudah dijumpai di swalayan. Bahkan sekarang banyak penjual yang menjajakan berbagai macam sosis dan nugget siap makan. Untuk menikmati makanan ini teliti lah sebelum membeli. Cek lah tanggal kadaluarsa dari makanan olahan tersebut. Sebisa mungkin jangan biarkan anak anda membeli sosis atau nugget yang sering dijajakan penjual di sekolahnya, karena bisa saja sosis dan nugget tersebut berasal dari bahan berbahaya ataupun sudah kadaluarsa. Saat mengolah sosis dan nugget di rumah gunakanlah minyak baru untuk menggorengnya. Jangan gunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali untuk menggoreng karena minyak jenis ini kaya akan kolesterol. Makanlah nugget dan sosis hanya dalam jumlah porsi kecil saja dan jangan berlebihan. Anda juga bisa menambah berbagai macam sayuran dalam mengolah sosis agar tubuh kita tetap mendapatkan asupan gizi.
  • Bubur instan
    Dalam menyantap bubur instan tambahkan suwiran ayam atau potongan telur rebus. Selain itu anda bisa menambahkan berbagai jenis sayuran seperti wortel ataupun brokoli yang telah direbus saat menyantapnya.
  • Bakso
    Bakso memang merupakan menu favorit setiap orang. Tapi dalam bakso terdapat kandungan lemak yang sangat tinggi. Jika anda ingin menyantap bakso, jangan menambahkan MSG kedalam kuahnya. Karena perpaduan saus dan kecap sudah cukup memberikan rasa pada kuah. Tetapi perhatkan juga saos yang digunakan, karena dipasaran juga beredar saos dari bahan yang tidak sehat dan pewarna buatan. Selain itu jika anda ingin membeli bakso dalam kemasan perhatikan tanggal kadaluarsanya. Santaplah bakso bersama tambahan sayuran agar lebih sehat.
Semua makanan instan dan cepat saji memanglah enak tapi sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Seenak apapun rasanya anda harus tetap ingat bahwa makanan instan dan olahan mengandung bahan pengawet dan bahan-bahan lain yang merusak kesehatan. Memanjakan lidah boleh saja tapi yang lebih utama tetap menjaga kesehatan anda.

Tips Mengkonsumsi Makanan Instan dan Junk Food agar Lebih Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oni Teriayangi

0 komentar:

Posting Komentar