Senin, 31 Agustus 2015

Bahaya dan Dampak Buruk Penggunaan Kantong Kresek Bagi Kesehatan

Pada zaman modern ini pengunaan barang-barang yang terbuat dari plastik memang tak bisa dihindari. Mungkin karena plastik dianggap bahan yang praktis, ringan dan memiliki harga yang ekonomis sehingga hampir semua produk di kemas menggunakan plastik. Salah satu jenis plastik yang paling sering kita gunakan sehari-hari adalah kantong kresek. Kantong kresek memang berguna untuk mengemas atau membungkus berbagai macam barang sehingga lebih mudah di bawa.

Tanpa kita sadari penggunaan kantong kresek sebenarnya memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Memang efeknya tidak dapat dirasakan secara langsung, tapi efek jangka panjang nya sangat berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Kantong kresek, terutama yang berwarna hitam merupakan produk daur ulang. Bahan-bahan yang digunakan untuk mendaur ulangnya pun berasal dari plastik-plastik bekas yang dikumpulkan oleh para pemulung. Ketika proses daur ulang ini biasanya ditambah berbagai macam bahan kimia dan kemudian dilelehkan dan dibentuk menjadi kantong kresek. Bayangkan saja, plastik yang dikumpulkan oleh pemulung untuk di daur ulang mungkin saja berasal dari plastik bekas bahan-bahan berbahaya seperti pestisida, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, wadah pupuk dan sebagainya.

Dampak Buruk Penggunaan Kantong Kresek


Ternyata hasil daur ulang ini bukan hanya di olah menjadi kantong kresek, tapi juga menjadi benda-benda lain. Piring, sedotan, sendok dan beberapa benda plastik lainnya merupakan bahan-bahan yang umumnya kebanyakan di olah dari daur ulang plastik ini. Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan produk-produk yang berbahan plastik, sehingga efek buruk yang ditimbulkan tidak memberikan efek negatif bagi tubuh.

Sayangnya, masih banyak yang menggunakan kantong kresek untuk membungkus makanan secara langsung. Saat kita membeli gorengan contohnya, penjual akan meletakan gorengan yang mungkin masih panas ke dalam wadah kantong kresek. Belum lagi kantong itu sering dilapisi dengan kertas koran yang sudah pasti tidak baik untuk kesehatan karena tintanya bisa meresap masuk ke makanan. Dan masih banyak hal-hal sepele lain dalam penggunaan kantong kresek yang tanpa kita sadari sebenarnya memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Walapun kantong kresek terbuat dari bahan berbahaya, bukan berarti kita tidak boleh menggunakannya. Kantong kresek sebaiknya hanya digunakan untuk membungkus barang-barang lain seperti peralatan rumah tangga, mainan, dan benda-benda lain yang tidak berhubungan dengan makanan. Walaupun anda ingin meletakan makanan, sebaiknya hanya bahan makanan mentah yang masih memiliki kulit dan bukan makanan yang langsung bersentuhan dengan kantong kresek itu.

Lalu apa dampaknya jika kita menggunakan kantong kresek bagi kesehatan? Jika kita meletakan makanan langsung bersentuhan dengan kresek maka makanan itu bisa saja terkontaminasi zat berbahaya. Apalagi jika makanan itu masih dalam kondisi panas, maka zat berbahaya yang terkandung dalam kresek, terutama kresek hitam, akan terdegrasi dan bisa menjadi pemicu munculnya sel kanker dalam tubuh. Selain itu bahan kimia yang terkandung dalam kantong kresek juga bisa memicu resiko penyakit ginjal, karena zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan meracuni ginjal kita. Bahaya kantong kresek juga bisa berdampak pada syaraf,  gangguan sistem endokrin dan penyakit-penyakit lainnya tergantung dari mana asal plastik daur ulang yang digunakan.

Bersikap bijak dan berhati-hatilah dalam penggunaan kantong kresek. Batasilah penggunaannya, karena kantong kresek merupakan bahan yang jika dibuang sangat sulit untuk di hancurkan. Butuh waktu ratusan bahkan ribuan tahun bagi mikroba untuk bisa mendegrasi kantong kresek. Sayangilah kesehatan anda dan sayangi juga bumi ini dari bahaya kantong kresek.

Bahaya dan Dampak Buruk Penggunaan Kantong Kresek Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oni Teriayangi

0 komentar:

Poskan Komentar