Selasa, 01 September 2015

Gejala dan Langkah Menghindari Penyakit Batu Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi tubuh yang berbentuk mirip kacang dengan lengkungan menghadap belakang. Sepasang ginjal terletak dirongga perut bagian belakang (abdomen). Ukuran ginjal bervariasi, tergantung jenis kelamin dan umur serta ada tidaknya ginjal di sisi lain. Namun pada orang dewasa ginjal memiliki ukuran 11x6x3 cm dengan berat sekitar 120-170 gram.

Ginjal sangat memiliki peran penting bagi sistem metabolisme tubuh manusia. Ginjal berfungsi sebagai filter kotoran terutama pada darah dan dibuang dalam bentuk urin. Ginjal juga berfungsi mengatur pH, kosentrasi ion dan mineral dan komposisi air dalam darah. Ginjal membersihkan racun-racun dan mengeluarkan limbah dari darah, mempertahankan komposisi cairan dalam tubuh dan membantu memproduksi hormon yang membantu produksi sel darah merah.

Menghindari Penyakit Batu Ginjal

Karena ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan ginjal. Jika ginjal berhenti bekerja berbagai resiko penyakit ginjal kronik bisa saja terjadi. Salah satu jenis gangguan yang bisa terjadi pada ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal merupakan kondisi dimana terbentuknya gumpalan material keras yang menyerupai batu didalam ginjal. Jenis batu yang mengendap ada pada ginjal ini beragam, ada yang terbentuk karena kelebihan kalsium, fosfat, sistina ataupun asam urat. Endapan ini sering menyumbat saluran urin sehingga akan terasa nyeri ketika sedang buang air kecil.

Gejala Penyakit Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal bisa terjadi pada siapa saja, namun umumnya banyak dialami oleh pria. Gejala batu ginjal tidak akan dirasakan oleh penderita jika batu ginjal masih berada dalam ginjal dan berukuran kecil. Karena endapan ini masih bisa keluar melalui saluran ureter dengan mudah. Gejala batu ginjal akan mulai terasa jika ukuran batu lebih besar dari ukuran saluran ureter. Ureter menjadi teriritasi ataupun tersumbat. Jika ureter tersumbat maka urin tidak bisa dikeluarkan dan akan menumpuk di dalam ginjal. Jika batu ini tidak segera dikeluarkan dalam tubuh maka berbagai komplikasi penyakit, infeksi pada ginjal dan saluran kemih. Biasanya gejala yang dirasakan sang penderita jika mengalami batu ginjal adalah:
  • buang air semakin sering teradi yang disertai dangan rasa nyeri,
  • air kencing berwarna keruh,
  • nyeri dibagian pinggang dan pada kondisi tertentu rasa sakitnya bisa membuat penderita berguling-guling dan teriak,
  • demam, panas tinggi dan nafsu makan berkurang. 
Batu ginjal bisa di sebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor ini berkomplikasi sehingga menyebabkan batu ginjal. Hal ini tentu saja sangat di pengaruhi oleh jenis makanan yang kita makan, asupan air kedalam tubuh dan juga pola hidup yang dijalanani. Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit batu ginjal akan lebih beresiko mengalami penyakit ini.

Menghindari Penyakit Batu Ginjal
Pencegahan batu ginjal bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu juga ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mencegah terjadinya batu ginjal:
  1. Gaya hidup sehat, olah raga rutin dan hindari stres
  2. Cukupi kadar air minum per harinya karena dehidrasi bisa menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Air yang dikonsumsi juga bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal dalam tubuh sehingga bisa keluar melalui urin
  3. Pilihlah makanan yang rendah garam, purin dan protein hewani
  4. Makan makanan yang mengandung kalsium, tetapi kurangi penggunaan suplemen kalsium
  5. Usahakan tidak bergantung pada obat-obatan dalam jangka waktu panajang
  6. Makanlah makanan yang kaya akan oxalate seperti bayam, olahan kedelai sererti tahu tempe, ubi dan teh
  7. Hindari merokok, mengkonsumsi alkohol, makan makanan yang banyak mengandung pengawet dan pemanis buatan

Gejala dan Langkah Menghindari Penyakit Batu Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oni Teriayangi

0 komentar:

Poskan Komentar