Rabu, 09 September 2015

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Tomat bagi Kesehatan

Buah tomat sangatlah familiar dan mudah ditemukan. Buah ini bisa dimakan langsung, di jus, dijadikan bumbu masakan ataupun diolah menjadi saos. Harganya pun relatif murah sehingga dengan mudah bisa kita beli di pasar. Buah tomat yang ada dipasaran umumnya berbentuk bulat, berwarna merah dengan rasa asam manis.

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Tomat

Walaupun harga tomat relatif sangat murah, tapi khasiat yang dimilikinya tidaklah murahan. Tomat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bukan cuma menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit tapi juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat memiliki khasiat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang memicu penyakit stroke dan sakit jantung.

Kandungan Gizi Tomat
Banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam buah tomat. Tomat mengandung protein, karbohidrat, berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C, dan K. Selain itu tomat juga mengandung berbagai macam mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti besi, kalium, kalsium, dan fosfor. Tomat juga kaya akan serat dan merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh kita. Zat yang terkandung dalam tomat mampu membuang radikal bebas yang ada dalam tubuh.
Baca juga: Manfaat dan Dampak dari Kekurangan Protein
Manfaat Tomat
Sayangnya buah yang kaya manfaat ini hanya dipandang sebelah mata. Ketika harga tomat anjlok menjadi sangat murah, banyak para petani dan pedagang tomat membuang-buang tomat begitu saja. Padahal khasiat yang terdapat buah tomat sangatlah banyak. Sebenarnya apa saja sih manfaat tomat?
  1. Menyehatkan mata. Kandungan Vitamin A yang terdapat dalam tomat sangatlah tinggi sehingga membuat tomat menjadi pilihan tepat untuk membantu meningkatkan daya penglihatan. 
  2. Mencegah Kanker. Kandungan lycopene yang terkandung dalam buah tomat memiliki manfaat untuk mengurangi resiko terjadinya berbagai macam kanker, seperti kanker prostat pada pria, kanker perut, kanker lambung kanker ovarium dan kanker usus. Lycopene merupakan antioksidan alami yang mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Oleh karenanya disarankan untuk mengkonsumsi buah tomat setiap hari karena cara ini dirasa merupakan cara yang paling ampuh untuk membunuh sel-sel kanker.
  3. Menguatkan tulang. Tomat kaya akan vitamin K dan kalsium yang mampu membantu menguatkan tulang anda.
  4. Menguatkan jantung. Kandungan Vitamin B dan kalium yang terdapat pada buah tomat mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sehingga resiko serangan jantung akan dapat dihindari.
  5. Membantu Pencernaan. Tomat merupakan buah sayur yang kaya akan serat. Sehingga mengkonsumsi tomat akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.
  6. Mempercantik kulit. Kandungan lycopene yang terkandung dalam buah tomat sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, cukup dengan meletakkan bagian dalam dari kulit tomat pada wajah dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air. Kulit wajahpun menjadi lebih segar dan sehat. 
  7. Menurunkan kadar kolesterol jahatKandungan yang terdapat pada tomat dapat mengontrol kadar kolesterol jahat alam darah. Minumlah dua gelas jus tomat setiap hari maka kadar kolesterol jahat akan menurun secara signifikan.
Setelah mengetahui begitu besar manfaat yang di kandung oleh buah tomat, apa masih mau memandangnya sebelah mata? Dengan mengkonsumsi buah tomat bukan hanya tubuh anda menjadi sehat tapi juga kantong anda, harganya yang murah tidak akan menguras isi kantong anda kan ?

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Tomat bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oni Teriayangi

0 komentar:

Poskan Komentar