Senin, 31 Agustus 2015

Tips Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

Setiap orang memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda-beda. Semakin bertambahnya usia, daya ingat pun akan semakin berkurang. Namun usia bukanlah satu-satunya yang menyebabkan daya ingat menjadi berkurang. Mereka yang berusia muda pun bisa saja mengalami pikun dini. Selain usia, pola hidup dan asupan makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi kemampuan kita dalam mengingat.

Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

Sering lupa merupakan hal yang sangat merepotkan. Jika pikun di usia tua mungkin hal ini akan dianggap normal. Tapi jika daya ingat berkurang  ketika usia masih muda maka hal ini bisa saja menjadi tanda bahwa ada masalah yang membuat sistem perekam dalam otak kita menjadi terganggu. Beberapa hal yang bisa memicu berkurangnya daya ingat pada usia muda adalah:
  1. Peredaran darah ke otak terganggu
  2. Beban pekerjaan yang terlalu berat di usia muda
  3. Metabolisme tubuh menurun
  4. Adanya faktor traumatis, seperti kepala pernah terbentur dengan keras
  5. Kadar gula yang terlalu tinggi
  6. Efek terlalu canggihnya teknologi sehingga otot dan otak tidak digunakan secara maksimal
  7. Insomnia
  8. Stress dan depresi
Namun gejala pikun di usia muda masih bisa saja di cegah. Semakin daya ingat dilatih maka akan daya ingat akan semaki baik. Bahkan daya memori otak pun bisa ditingkatkan sehingga kondisi dan kinerja daya ingat menjadi lebih baik. Selain melatih otak, ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar memori otak anda bisa meningkat, antara lain:

Tidur yang cukup
Jumlah dan kualitas tidur merupakan faktor yang memberikan kontribusi dalam daya ingat. Tidur yang terganggu akan menyebabkan pembentukan amyloid plaques yang merupakan indikator penyakit Alzheimer. Selain itu tidur dengan alunan lagu yang lembut juga bisa meningkatkan memori otak.

Pola makan yang sehat
Hindari lah makan makanan yang mengandung MSG dan junk food. Karena makanan seperti itu akan membuat kolesterol jahat dalam darah menjadi tinggi sehingga peredaran darah ke otak akan menjadi terhambat.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa memberikan nutrisi pada otak
Ada banyak sekali jenis makanan yang mampu membantu meningkatkan daya ingat. Berbagai jenis ikan seperti sarden, salmon, dan makarel memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik untuk menjaga sistem syaraf agar tetap sehat selain itu juga ikan-ikan tersebut kaya akan DHA yang mampu megurangi resiko penyakit Alzheimer dan kehilangan daya ingat. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin E yang mampu menambah kemampuan dalam mengingat, selain itu biji-bijian seperti gandum, sayuran brokoli, dan buah blueberry juga bisa anda konsumsi untuk menambah daya ingat anda.

Olahraga yang teratur
Olahraga merupakan kegiatan yang dapat melancarkan aliran darah, begitupun juga aliran darah ke otak. Darah yang mengalir ini juga mengangkut oksigen sehingga otak akan berkerja dengan lebih baik dan maksimal.

Cukup Minum Air Putih
Cukupi asupan minum anda perharinya, karena kekurangan cairan akan menyebabkan anda dehidrasi dan kehilangan konsentrasi.

Tetaplah menstimulasi otak
Permainan sederhana seperti puzzle ataupun teka teki mampu meningkatkan daya ingat jika permainan ini di mainkan maka secara tidak langsung akan merangsang daya ingat otak.

Tips Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oni Teriayangi

0 komentar:

Poskan Komentar