Senin, 31 Agustus 2015

Mengenal Penyakit Kanker Prostat dan Langkah Pengobatannya

Kanker prostat merupakan kanker yang menyerang pada sistem produksi laki-laki, tepatnya di area prostat. Prostat merupakan kelenjar yang terdapat dibawah kandung kemih. Fungsinya memproduksi cairan yang melindungi dan menyalurkan sperma. Kanker prostat terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan berkembang diluar kendali sehingga membentuk benjolan yang memiliki keganasan. Sel-sel kanker ini bisa berkembang dan menjalar ke seluruh bagian tubuh seperti tulang, dan organ seperti paru-paru dan hati. Ketika kanker ini mulai mulai berkembang maka akan menimbulkan rasa sakit ketika buang air kecil dan menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi.

Kanker prostat merupakan hal yang menakutkan bagi pria. Prostat biasanya membesar setelah usia 50 tahun. Tapi bukan berarti prostat yang membesar menunjukan adanya kanker. Karena bertambahnya usia maka prostat akan bertambah besar secara bertahap. Oleh karena itu pria lansia sering mengalami susah buang air kecil. Kanker prostat biasanya terjadi pada pria yang sudah berusia 50 tahunan, mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini akan lebih beresiko untuk terserang.

Penyakit Kanker Prostat dan Langkah Pengobatannya

Kanker prostat biasanya datang diam-diam, perkembangannya cenderung lambat tapi merupakan kanker yang ganas. Pria yang mengalami kanker prostat stadium awal biasanya tidak merasakan gejala apapun. Gejala ini baru bisa muncul pada tahap lanjut atau akhir. Saat gejala muncul pada stadium lanjut gejala yang dirasakan adalah hilangnya berat badan, sakit pinggul, sakit panggul dan sakit punggung, kesulitan buang air kecil yang disertai rasa terbakar dan rasa sakit, urin pun kadang disertai dengan darah. Oleh karena itu pria dengan umur 50 tahunan disarankan untuk melakukan pemerikasaan secara medis melalui USG prostat untuk mengetahui apakah pembesaran yang terjadi pada prostat bersifat normal atau ada gejala kenker.

Langkah Pengobatan Kanker Prostat
Keputusan pada pilihan pengobatan tergantung pada pemilik profil kanker prostat. Pengobatan yang akan diberikan kepada penderita kanker prostat bergantung pada beberapa faktor, antara lain: kondisi medis, usia dan penafsiran kelangsungan hidup pasien, stadium kanker, terjadinya penyebaran yang luas dari penyakit tersebut dan beberapa faktor lainnya. Dan biasanya jenis pengobatan untuk penderita kanker prostat adalah:
  • Pengawasan aktif
    Biasanya hal ini di terapkan pada pria yang berusia sangat lanjut ataupun pria yang terserang kanker stadium awal.
  • Bedah
    Bila kanker hanya pada satu tempat saja pilihan bedah dengan menggangkat kelenjar prostat. Walaupun tingkat kesembuhannya sangat tinggi tetapi bisa menyebabkan efek samping seperti kurangnya urin dan impotensi.
  • Terapi radiasi
    Pengobatan ini menggunakan sinar X untuk membunuh sel-sel kanker dan mejaga mereka agar tidak tumbuh kembali. Prosedur ini dilakukan jika kanker prostat hanya ada pada satu tempat saja.
  • Kemoterapi
    Kemoterapi adalah pengobatan kanker dengan menggunaakan obat untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi biasanya dilakukan kepada penderita stadium lanjut ketika pengobatan lain sudah dinilai kurang efektif.
  • Terapi hormon
    Prosedur ini digunakan pada penderita yang kanker nya telah menyebar kebagian lain yang jauh dari prostat. Terapi hormon bekerja dengan menghilangkan sumber hormon laki-laki dan membunuh sel kanker. Sehingga bagi mereka yang menggunakan terapi ini hasrat untuk berhubungan intim bisa saja hilang.
Untuk menghindari terjadi kanker prostat di hari tua maka sebaiknya lakukan pola hidup yang baik sejak usia muda. Menjaga asupan makanan dan minuman serta berolah raga yang teratur dapat mengurangi resiko dari serangan berbagai macam penyakit.

Mengenal Penyakit Kanker Prostat dan Langkah Pengobatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oni Teriayangi

0 komentar:

Posting Komentar